PEMBAGIAN HARDWARE KOMPUTER BERDASARKAN FUNGSI

PEMBAGIAN HARDWARE KOMPUTER BERDASARKAN FUNGSI


Berdasarkan fungsinya, secara umum hardware komputer dibagi menjadi beberapa unit / bagian :
  • Unit bagian pemrosesan data / Process Device : CPU (Processor), Motherboard, VGA Card, Sound Card, RAM, Power Supply
  • Unit bagian masukan / Input Device : Mouse, Keyboard, Webcam, Microphone, Scanner, USB Joystick
  • Unit bagian keluaran / Output Device : Monitor, Printer, Speaker
  • Unit bagian penyimpanan / Back Storage : Harddisk, Floopy Drive, Flash disk, CD / DVD rom
  • Unit tambahan / Periferal : Modem, TV Tuner Card, dll

Dalam 1 perangkat komputer setidaknya harus memiliki bagian pemrosesan data, unit input, unit output, dan bagian penyimpanan. Jika dalam komputer tidak memiliki 1 bagian utama saja, maka kinerja komputer tidak akan maksimal bahkan tidak akan bisa bekerja sama sekali. Berikut ini adalah pembahasan mengenai macam macam hardware komputer dan jenisnya.

1. HARDWARE KOMPUTER - PROCESSOR (CPU)


Processor / prosesor biasa dikenal dengan sebutan "Central Processing Unit" (CPU). Hardware ini berfungsi untuk mengolah, memproses, dan melakukan perhitungan kompleks perintah perintah sehingga komputer bisa dioperasikan sehingga bisa digunakan untuk browsing di internet, memutar lagu / video, menjalankan program / software, bermain game, dll. Processor ini merupakan bagian yang sangat vital dalam sebuah perangkat komputer, sehingga tidak salah jika processor merupakan "otaknya" komputer. Ada 3 jenis processor yang biasa dikenal, yakni Quad-Core, Dual-Core, dan Single-Core.

2. HARDWARE KOMPUTER - RAM / MEMORY


Random Access Memory atau RAM, merupakan sebuah hardware komputerbagian pemrosesan data yang berfungsi untuk penyimpanan data sementara dan bersifat volatile, artinya data data yang disimpan dalam RAM tidak disimpan secara permanen. Hal ini dikarenakan RAM bekerja dengan menyuplai dan menyimpan data data dari Processor untuk diolah menjadi informasi. Kapasitas RAM yang sering dijumpai pada PC juga sangat beragam mulai dari 256 MB, 384 MB, 1 GB, 2 GB, 16 GB, hingga 32 GB.

3. HARDWARE KOMPUTER - VGA

Video Graphic Array atau VGA Card / Graphic Card adalah hardware komputer yang berfungsi sebagai penerjemah atau pengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. VGA Card (Video Graphic Adapter) pada komputer juga berfungsi untuk mengubah output komputer ke monitor. VGA yang bagus juga sangat berpengaruh untuk kepentingan menggambar desain grafis maupun untuk bermain game di komputer. VGA juga memiliki prosesor sendiri yang kita kenal dengan Graphic Processing Unit atau GPU.

4. HARDWARE KOMPUTER - MOTHERBOARD

Motherboard (Mobo) atau bisa disebut juga dengan papan induk merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berbentuk papan sirkuit tempat terhubungnya berbagai komponen komputer seperti Processor, VGA Card, RAM, Harddisk, Power Supply, dan perangkat perangkat lainnya. Motherboard memiliki peran yang sangat penting dalam komputer, karena hardware ini mempunyai tugas untuk mengatur hal hal teknis, seperti Chipset, BIOS, additional card, dll.

5. HARDWARE KOMPUTER - SOUND CARD

Sound Card atau kartu suara ialah suatu hardware komputer yang berguna untuk mengeluarkan dan merekam audio. Dahulu soundcard hanyalah sebagai pelengkap komputer saja, namun seiring dengan perkembangan, perangkat ini merupakan perangkat wajib yang sudah ada pada banyak komputer. Berdasarkan pemasangannya terdapat 3 jenis sound card, yaitu

Sound Card Onboard
Sound Card Offboard
Soundcard External
    6. HARDWARE KOMPUTER - HARDDISK

    Harddisk adalah salah satu hardware komputer unit bagian penyimpanan (backing storage) yang berfungsi untuk menyimpan data data dikomputer secara permanen baik untuk menyimpan file software, OS, file audio, video, image, dan data data lainnya. Dalam harddisk terdapat beberapa tingkatan kelas yang mempengaruhi kecepatan transfer data yang disebut dengan DMA (Direct Memory Access). Sedangkan jenis jenis harddisk antara lain SATA, Disk SATA, Disk RAID, Disk SCSI, dan Disk ATA / EIDE. Kapasitas Harddisk yang dijual dipasaran juga bervariasi mulai dari 120 GB, 250 GB, hingga 2 TB.

    7. HARDWARE KOMPUTER - DVD DRIVE

    Digital Versatile Disc atau DVD adalah perangkat penyimpanan elektronik dengan teknologi optik atau laser untuk menyimpan berbagai jenis data (video, audio, dll). DVD Drive bisa digunakan untuk membaca atau menulis (burning) data dan merupakan pengembangan inovasi dari CD Drive. Ukuran hardware ini hampir sama dengan ukuran  CD ROM Drive. Namun memiliki fungsi beda. Secara umum DVD drive adalah hardware komputer yang digunakan untuk mengoperasikan kepingan DVD.

    8. HARDWARE KOMPUTER - MONITOR

    Monitor ialah perangkat keras komputer yang berguna sebagai output data tampilan grafis sehingga monitor juga sering di sebut sebagai layar tampilan komputer. Kejernihan tampilan gambar pada monitor ditentukan oleh resolusi. Jenis jenis layar monitor dari zaman ke zaman juga sudah mengalami perkembangan mulai dari layar cembung (CRT), Flat, LCD hingga LED.

    9. HARDWARE KOMPUTER - MOUSE

    Mouse merupakan penggerak pointer pada lokasi tertentu layar pada monitor komputer. Beberapa fungsi mouse antara lain :
      Membuka file dengan double klik
      Drag and Drop
      Scrolling
      Menampilkan menu pilihan dengan klik kanan, dll
        Cara menggunakan ialah dengan menggeserkan mouse pada permukan datar yang tidak licin

        10. KEYBOARD

        Keyboard ialah papan ketik yang digunakan untuk memasukkan perintah pada komputer, berisi haruf hurup alfabet, angka, simbol, tombol shortcut, dll. Keyboard yang biasa digunakan saat ini ialah model keyboard QWERTY

        11. HARDWARE KOMPUTER - PRINTER

        Jika kita biasa memerlukan sebuah alat untuk mencetak dokumen, maka printerlah solusinya, Printer merupakan alat yang biasa digunakan untuk keperluan mencetak gambar, foto, tulisan/text, grafik pada media kertas, mika, dan sejenisnya. Dengan adanya printer tentu sangat membantu bagi perusahaan, sekolah atau badan usaha tertentu yang biasa mencetak dokumen dokumen yang diperlukan.

        12. HARDWARE KOMPUTER - SCANNER

        Jika printer merupakan output device maka Scanner adalah input device. Scanner ialah hardware yang berfungsi memasukkan gambar dan teks ke dalam komputer dengan cara menyalin gambar yang dimasukkan kedalam mesin scanner. File hasil scan nantinya akan disimpan kedalam harddisk komputer, file ini nantinya juga bisadiprint ulang maupun di edit. Penggunaan dokumen hasil scan biasanya untuk mengirimkan dokumen melalui email, memperbaiki foto yang rusak, memasukkan gambar/foto asli ke komputer dll. Jika dilihat prinsip kerja scanner mirim dengan mesin fotocopy, bedanya jika hasil foto copy terlihat pada kertas fotocopy maka file hasil scan akan terlampir pada layar monitor.

        13. HARDWARE KOMPUTER - POWER SUPPLY

        Power supply ialah alat yang berfungsi untuk menyuplai energi listrik dari sumber tegangan ke sumber tegangan listrik lainnya untuk dialirkan kedalam perangkat keras komputer lain seperti motherboard atau kipas (pendingin).

        14. HARDWARE KOMPUTER - WEBCAM

        Web Camera atau disingkat Webcam ialah sebutan untuk kamera real-time yang dihubungkan ke komputer melalui port USB atau port COM. Gambar dari kamera bisa diakses melalui Internet (jika terhubung internet), program chatting yang mendukung video call. Webcam juga bisa digunakan untuk mengambil foto dan merekam video.

        15. HARDWARE KOMPUTER - USB JOYSTICK / GAMES PADDLE

        Joystick merupakan alat yang biasa digunakan untuk bermain game pada mesin mesin video game baik Play Station, XBOX, Nintendo dan game game PC / Komputer. USB Joystick bisa digunakan sebagai controller saat bermain game di komputer, alat ini terdiri dari tombol tombol yang bisa mengatur pergerakan suatu objek pada game komputer. Joystick dihubungkan kedalam komputer menggunakan port USB.

        16. HARDWARE KOMPUTER - USB FLASH DISK

        Flash Drive atau Flashdisk merupakan sebuah alat untuk menyimpan data data memori flash tipe NAND dan terdapat alat penghubung USB yang telah terpasang. Flashdisk ini bersifat removable sehingga bisa dicabut dan dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain untuk pencopyan dan penyimpanan file. Kapasitas flashdisk juga cukup besar bahkan ada yang mencapai 64 GB untuk ukurannya yang bisa dibilang mini. Selain itu, FD juga mempunyai beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan media penyimpanan data lain, antara lain lebih mudah, kapasitas penyimpanan cukup besar, mudah dibawa kemana mana, ukuran yang kecil dan bisa diandalkan. Namun Flashdisk juga cukup rentan terhadap infeksi virus, scan secara berkala agar FD terbebas dari hama hama itu.

        17. HARDWARE KOMPUTER - MODEM

        Modem ialah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya untuk mengirimkan pesan/data ke alamat yang dituju. Bisa dikatakan juga bahwa modem adalah perantara antara komputer dan jaringan internet. Saat ini sudah banyak modem modem yang dijual dipasaran dari usb modem, modem dial up hingga modem broadband. Dilihat dari cara instalasinya modem dikategorikan menjadi 2 bagian yakni modem internal dan eksternal. Sedangkan jika dilihat dari jaringannya modem digolongkan menjadi 2 macam yakni modem media kabel, dan modem tanpa kabel / nirkabel.

        18. HARDWARE KOMPUTER - MICROPHONE & HEAD SET

        Headset ialah sebuah alat yang biasa digunakan untuk alat komunikasi saat melakukan aktifitas ngobrol di internet. Headset merupakan perpaduan antara microphone dan headphone, sehingga bisa digunakan untuk input suara dan juga outputnya. Selain untuk komunikasi jarak jauh layaknya telepon, headset juga bisa digunakan untuk mendengarkan audio dari musik dan film, video klip, dan lain sebagainya.

        19. HARDWARE KOMPUTER - SPEAKER

        Pengertian Speaker disini tidaklah berbeda dengan pengertian speaker pada umumnya. Speaker ini merupakan hardware komputer unit keluaran (output) yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil audio / suara dari komputer. Dan Sound Card adalah hardware tambahan yang diperlukan agar speaker berfungsi.

        Itulah bagian dan macam macam hardware komputer beserta fungsinya. Bagi yang bekerja / selalu berkatifitas dengan komputer, kualitas perangkat keras komputer yang baik memang menjadi nomor satu demi kehandalan dan kenyamanan komputer yang kita gunakan dalam melakukan aktifitas pekerjaan. Semoga bermanfaat.

        1 komentar:

        1. Lucky Club Online Casino UK
          Lucky Club is the home of the famous Lucky Club Online Casino. This new online casino has brought over a thousand exciting online slots luckyclub and table games to you all  Rating: 4.4 · ‎6 votes

          BalasHapus

        Beny. Diberdayakan oleh Blogger.

        Labels